Sabtu, 10 Maret 2018

akeumak

akeumak (=hakeumak) a kelupaan, sombong, menyesal, buruk, tanggung:

Allah, ─ that hana lôn tawôk gobnyan, Allah, Saya menyesal sekali krn terlupa tidak mengundangnya menghadiri kenduri.

─ that gobnyan, geutanyoe jak teumawôk, h'an tom na geujak u rumoh geutanyoe, gobnyan seb that droegeuh, sombong benar dia kita mengundangnya, tetapi ia tidak pernah datang ke rumah kita, ia sibuk sekali dengan urusannya sendiri.

Allah, ─ that lôn, gob pumeusan hana lôn peutrôk, Allah, sungguh menyesal Saya, orang menyampaikan pesan kepada Saya tidak Saya teruskan

─ that lôn bri keu gata, di lôn h'an séb di gata h'an séb, tanggung sekali Saya berikan kepada Anda, Saya tidak cukup, Anda pun tidak cukup.

peulheueh ─, melepaskan diri dari akeumak

tapeulheueh ─ mantong, bèk peue kheun gob, kita melepaskan diri dari nistaan supaya tidak dikata-katakan orang

peu ─, menyebut ─, menuduh sombong

bit nyo h'an jeuet lôn jak, bèk neupeu ─!, sungguh-sungguh Saya tidak dapat datang, janganlah Anda menuduh Saya sombong.

peu ─ droe, bersikap sombong.
teukeusé

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gawang

gawang v menggoyang-goyangkan sesuatu ke sana kemari (utk mengusir ayam yang bertengger di atas), mengusir:  ji-- manok , mengusir ayam se...