Selasa, 11 April 2023

gantoe

gantoe v ganti, giliran, hari pasar; 

ija lôn ka ji—, Kain saya sudah digantikannya (dengan yang lain); 

— jaroe, menggantikan percari nafkah; 

aneuk goh lorn rayek h'an ji— jaroe, Anak yang masih kecil belum dapat menggantikan ayahnya untuk mencari nafkah; 

— tika, ganti tikar = kawin dengan adik istri yang sudah meninggal;

jeunoe — lôn, Sekarang giliran saya; 

pat na — peukan uroe nyoe! Di mana diadakah hari pasar hari ini?

uroe nyoe uroe —, Hari ini hari pasar, hari orang mengadu hewan; 

meu—, berganti; 

meu—, berganti-ganti (dl hik meugeu -);

maté raja meu— raja, Mangkat seorang raja digamti oleh yang lain; 

reunggét lôn nyang gadoh ka meu—, Ringgit saya yang telah hilang sudah berganti atau digantikan;

goh lom meu— gigoe, Ia belum berganti giginya; 

peu— = —, burung pikatan; 

leuek peu—, burung balam yang dipergunakan untuk memikat burung-burung balam lain -> reuban;

geumantoe, sedang melakukan penggantian; 

teungoh jigeumanto, Ia sedang menggantikan atau mengembalikan pinjamannya;

geunantoe, geulantoe, pengganti, gantirugi; 

nyoe  geunantoe pisang keu aneuk miet, Ini adalah sebagai pengganti pembelian pisang untuk anak-anak (dikatakan sebagai basa-basi ketika menyerahkan suatu hadiah;

surat nyoe lôn kirem geunantoe lôn mumat jaroe ngon droeneu, Surat ini saya kirimkan sebagai pengganti saya berjabatan tangan dengan Anda -> salén, tuk6k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gawang

gawang v menggoyang-goyangkan sesuatu ke sana kemari (utk mengusir ayam yang bertengger di atas), mengusir:  ji-- manok , mengusir ayam se...